Saturday 11 February 2017

Sekejab Tapi Bermanfaat

           Sabtu, 4 Februari 2017 merupakan hari yang sangat melelahkan buat kami para Guru abdi di pesantren Al Ishlah Paciran, bahwa hari itu kita akan kedatangan banyak tamu dari Universitas Darusalam Gontor. Dimana tamunya adalah mahasiswi-mahasiswi semester enam dari fakultas tarbiyah yang akan melaksanakan Program Praktik Lapangan (PPL). Selama satu minggu ke depan mereka akan tinggal di pesantren kami.
            Sebagai tuan rumah, kami tidak ingin mereka merasa kecewa atas semua yang kita sediakan untuk mereka, untuk itu segala macam persiapan kita lakukan. Diantaranya kita membersihkan tempat yang akan mereka jadikan sebagai base camp selama satu minggu, kita juga menyiapkan makanan mereka tiga kali sehari dalam seminggu, dan menyiapkan segala sesuatu yang akan mereka butuhkan di sini.
          Satu minggu di pesantren kami, mereka sudah menyiapkan banyak sekali agenda untuk anak-anak di pesantren. Mereka akan masuk kelas-kelas untuk mengajar kurikulum pondok baik di Madrasah Diniyah maupun Aliyah, mereka juga menyiapkan banyak sekali kegiatan untuk para santri yang akan di kemas lewat lomba-lomba antar kelas, antar kamar, dan antar angkatan.
               Anak-anak di pesantren kami menyambut baik kedatangan mahasiswi-mahasiswi PPL, anak-anak merasa mendapatkan suntikan semangat baru akan hadirnya mahasiswi-mahasiswi tersebut di tengah-tengah mereka. Anak-anak juga mendapatkan banyak ilmu yang lainnya, diantaranya adalah mereka diajari tentang teknik dasar menyulam, editing video, teknik dasar pidato, dan masih banyak lagi, yang kesemuanya itu di kemas dalam lomba-lomba.

                                                                   Acara Perlombaan
                  Satu minggu berlalu, acara puncak Program Praktik Lapangan (PPL) di tutup dengan serangkaian pentas seni yang sangat meriah, di isi dengan tampilan-tampilan spectacular hasil mereka melatih anak-anak. Mereka menunjukkan beragam tampilan dan kreasi seni yang biasanya di tampilkan di Gontor. Dari pensi tersebut, kita bisa mengambilnya untuk di jadikan refrensi acara pentas seni tahunan kami.
                      Satu minggu, waktu yang singkat untuk menimba ilmu. Banyak hal yang bisa kita ambil dari mahasiswi-wahasiswi UNIDA Gontor, kita bisa belajar bahasa yang baik, berprilaku yang baik, juga tentang karya seninya yang membuat kita terkagum-kagum. Trimakasih yang sedalam-dalamnya untuk teman-teman PPL 2017 UNIDA Gontor, kami bangga dan sangat terkesan dengan kehadiran teman-teman semua. Ya.. kita hanya bisa membalas dengan doa untuk kesuksesan teman-teman semua, dan mohon maaf jika sambutan kita kurang berkenan. :)

    Foto Bersama Di Malam Puncak

No comments:

Post a Comment