Sunday 17 November 2019

Kekuatan Yel ...

doc. Jambore Santri 2009

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata “Yel” adalah pekikan atau sorakan para pelajar (Mahasiswa, anggota perkumpulan, dan sebagainya) untuk memberi dorongan semangat kepada regunya yang sedang bermain (bertanding dan sebagainya). Atau bisa diartikan sebagai teriakan khusus di kalangan pramuka.
Dalam kegiatan kepramukaan, kegiatan yang paling kami anggap seru adalah saat menyuarakan yel-yel. Sejak awal kita memasuki lapangan atau bumi perkemahan, yel-yel sudah kami suarakan. Kami menyuarakan yel-yel untuk memberi semangat kepada diri kami,  regu kami, dan teman-teman yang lain yang ikut berkegiatan.
Biasanya dalam acara-acara besar kegiatan pramuka, seperti jambore,  yang melibatkan banyak peserta dari berbagai daerah hingga manca Negara. Kami semua saling bersaut-sautan dalam menyanyikan yel-yel dengan berbagai macam nada dan bahasa daerah masing-masing.

Dengan semangat yel-yel kami juga semangat dalam menjalankan semua kegiatan yang ada. Yel-yel selalu kami serukan dimanapun kita berada, hingga suara ini habis hanya untuk menyuarakan yel-yel. Anak pramuka sudah biasa kehabisan suara saat setelah berkegiatan. Bukan karena cuaca yang menyebabkan kita kehabisan suara tapi karena semangat untuk yel-yel.
Yel-yel selalu membuat kita riang gembira dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang ada, hingga panas, dingin, lelah yang tiada tara tidak lah kami rasa. Setiap detik terdengar suara yel-yel yang diserukan dari berbagai kontingen. Yel-yel merupakan sumber kekuatan bagi kami para peserta kegiatan pramuka.
Tanpa ada yel - yel, mungkin kegiatan akan terasa hampa, akan terasa sepi dan para peserta tidak ada semangat untuk mengikutinya. Untuk itu yel - yel selalu kita suarakan untuk menambah semangat dalam berkegiatan.
Anak pramuka wajib menghafal banyak lagu - lagu yang digunakan untuk yel - yel. Dalam materi kepramukaan juga disampaikan materi yel - yel. Yel - yel diciptakan oleh masing - masing regu atau kelompoknya sebagai bentuk kekompakan, kerjasama, dan semangat untuk berkegiatan.
Ketika keluar dari area tapak tenda, kami selalu menyuarakan yel - yel. Saat menuju tempat kegiatan, menuju tempat ibadah, menuju kamar mandi, dan tempat - tempat lainnya. Yel - yel tak ada hentinya kami suarakan hingga suara sudah tak lagi menyentuh pitanya. 


No comments:

Post a Comment